Translate

Rabu, 23 Oktober 2013

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH              :  MAN LAMONGAN
MATA PELAJARAN            :  Geografi
KELAS                                   :  XI
SEMESTER                            :  2 (Dua)
TAHUN PELAJARAN         :  2013 / 2014
ALOKASI WAKTU                          :  1 X 45 menit

  A.     STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
  B.     KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pemanfaatan lingkunagn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
     C.  INDIKATOR
·    Menjelaskan konsep lingkungn hidup
·    Menyebutkan komponen-komponen ekosistem
·    menjelaskan konsep pembangunan berkelanjutan
·    Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·    menyebutkan dampak pembanguan berkelanjutan terhadap lingkungan hidup
·    Menghubungkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan

  D.     Tujuan Pembelajaran
·    Siswa mampu menjelaskan konsep lingkungn hidup
·    Siswa mampu menyebutkan komponen-komponen ekosistem
·    Siswa mampu menjelaskan konsep pembangunan berkelanjutan
·    Siswa mampu memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·    Siswa mampu menyebutkan dampak pembanguan terhadap lingkungan hidup
·    Siswa mampu menghubungkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan

   E.MATERI PEMBELAJARAN
Pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
a.     Pengertian lingkungan
b.     Komponen ekosistem
c.     Pembangunan berkelanjutan
d.    Pengaruh pembangunan terhadap lingkungan hidup
e.     Hubungan kelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan













      F.  METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, penugasan

  G.     MEDIA PEMBELAJARAN
Power Point, video dan media visual (gambar)

      H.     SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN dan MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Sumber Belajar : - INTERNET
-buku, Endarto, Danang dkk.2009. GEOGRAFI BSE, pusat perbukuan Departemen pendidikan Nasional
- dan buku-buku penunjang lainnya
2. Alat : gambar-gambar lingkungan hidup seperti hutan dan gambar-gambar yang berhubungan dengan
3. Media : Power Point dan Gambar
I.     LANGKAH-LANGKAH
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan:
·         Bercerita mengenai kelestarian hutan yang ada di pulau kalimantan yang semakin tahun semakin habis akibat perilaku manusia yang merusak ekosistem hutan seperti penebangan hutan secara liar, pembukaan lahan secara ilegal.
·         Motivasi: menayangkan video dalam power point slide mengenai penebangan liar hutan secara ilegal di indonesia
2.      Kegiatan Inti:
·           Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan untuk menjelaskan tentang video yang sudah ditayangkan
·           Salah seorang siswa menjelaskan mengenai video yang sudah ditayangkan
·           Guru menerangkan dan menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar melalui video yang sudah di tampilkan
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh  pengertian lingkungan hidup.
3.      Kegiatan Penutup:
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: .
·         Apersepsi materi.
·         Guru mengumpulkan tugas makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia
2.      Kegiatan Inti:
·         Guru mmenjelaskan tentang pembangunan dari berbagai sumber secara garis besar.
·         Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian pembangunan dari berbagai situs internet dan gambarnya
·         Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari berbagai situs internet dan gambarnya.
3.      Kegiatan Penutup:
·         Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan:  
·         Apersepsi
2.      Kegiatan Inti:
·           Guru menjelaskan mengenai konsep pembangunan berkelnjutan dalam kehidupan sehari-haro
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
·         Mendiskusikan mengenai konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari dan contohnya.
·         Secara individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai hasil diskusi kelompok.
3.      Kegiatan Penutup:
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan: mendiskusikan tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Dikumpulkan dalam bentuk laporan makalah dan diserahkan pada pertemuan berikutnya serta dipresentasikan
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan:
·         Apersepsi: guru bercerita mnegenai fenomena-fenomena lingkungan saat ini yang semakin rusak akibat ulah manusia yang tidak menjaga lingkungan di sekitarnya.
·         Siswa mengumpulkan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
2.      Kegiatan Inti:
·         Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Kelompok lain diminta menanggapi.
·         Siswa mendiskusikan mengenai tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·         Bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup:
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Refraksi materi
·         Penugasan secara individu mencari tentang pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan, dikumpulkan pada pertemuan berikutnya sebagai bahan diskusi
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan:
·         Siswa mengumpulkan tugas mencari pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan.
2.      Kegiatan Inti:
·         Secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan.
·         Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain diminta menanggapi.
3.      Kegiatan Penutup:
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa.
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan:  
·         Apersepsi.
2.      Kegiatan Inti:
·         Bersama-sama mendiskusikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan.
·         Membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup:
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Menugaskan siswa untuk membaca dan mencermati materi mengenai Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup.
Pertemuan Ketujuh
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Guru menanyakan tentang konsep pelestarian lingkungan hidup dan dijawab secara tertulis oleh siswa
2.      Kegiatan Inti:
·         Secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai kelestarian lingkungan hidup
·         Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain diminta menanggapi.
3.      Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Penugasan: membuat analisis pada suatu kasus kelestarian hutan dihutan Indonesia saat ini dan di masa depan.
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan:  
·         Apersepsi: tanya jawab pengertian pembangunan berkelanjutan.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan secara garis besar
·         Guru mengajak siswa ke perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca buku-buku berkaitan dengan tugas.
·           Penugasan secara kelompok,  mencari pengertian pembangunan berklelanjutan dari berbagai referensi.
·           Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian pembangunan berkelanjutan di buku sumber
3.      Kegiatan Penutup:
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibaha
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan:
·         Guru menanyakan tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan hidup
2.      Kegiatan Inti:
·         Guru menjelaskan tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan hidup secara garis besar dari berbagai referensi.
·         Penugasan secara individu: mengerjakan soal yang diberikan guru Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
3.      Kegiatan Penutup:
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber)

     J.     PENILAIAN
1.      Tes tulis
2.      Halis diskusi kelompok
TUJUAN
SOAL
JAWABAN
·      Siswa mampu menjelaskan konsep lingkungn hidup
·      Siswa mampu menyebutkan komponen-komponen ekosistem
·      Siswa mampu menjelaskan konsep pembangunan berkelanjutan
·      Siswa mampu memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·      Siswa mampu menyebutkan dampak pembanguan terhadap lingkungan hidup
·      Siswa mampu menghubungkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
1.         Jelaskan definisi lingkungan menurut otto sumarwoto?
2.         Subutkan komponen-komponen lingkungan hidup?
3.         Jelaskan definisi pembangunan berkelanjutan?
4.         Berikan contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungn hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
5.         Sebutkan dampak positif pembangunan terhadap lingkkungan hidup
1.    Menurut Otto  Sumarwoto (1989) lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, dan keadaan. Dan mahkluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia sera mahkluk hidup yang lainnya
2.    Komponen mahkluk hidup dibagi atas 2 yaitu komponen abiotik diantaranya tanah, air, udara, matahari. Dan komponen biotik seperti produsen, konsumen, dan pengurai
3.    Pembangunan berkelanjutan adalah pembanguna yang mempengaruhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang.
4.    Pengarugh posotif yaitu meningkatnya perekonomian, memenuhi kebutuhan manusia, menggabungkan kepentingan lingkungan dalam keputusan yang diambil dan memamstikan tercapainya jumlah penduduk yang berkelanjutan. Pengaruh negatifnya yaitu pencemaran air, tanha, udara.
5.    Yaitu melalui etika lingkungan seperti konstruksi hutan penggunaan kembali daur ulang , mengontrol pertumbuhan penduduk, dan memeakai SDA sebaik mungkin.


Penilaian aspek Sikap
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Aspek pemahaman diskusi kelompok dan presentasi




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria penilaian
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                Lamongan, 16 Mei 2016
Kepala Sekolah MAN LAMONGAN                                    Guru Geografi




_______________________                                      Drs. Nur Wilda L. Fitria S,Pd
NIP.                                                                            NIP. 10 1994031120160516






Tidak ada komentar:

Posting Komentar